Bekasi, Deltanews.co.id – Untuk mendapatkan predikat WBBM (wilayah birokrasi bersih dan melayani)  serta pelayanan prima kepada masyarakat, Kantor BPN Kabupaten Bekasi lakukan penataan ruang serta inovasi.

“Kita sedang membangun zona integritas. Untuk mendapatkan predikat wilayah bebas WBBM. Semua jenis pelayanan pertanahan diloket baru menerima berkas dan penyelesaian dan pembayaran PNBP semua di bawah. Semua di front ofice tidak di layani dilantai 2. Tidak ada lagi masyarakat masuk ke ruang kerja,” Kata Kepala Kantor BPN Kabupaten Bekasi, Denni Santo, Jumat (4/1/2019).

Menurut Denni, untuk saat ini lokasi poses pelayanan loket dibawah (lntai 1) yang tersedia ruang menyusui, konsultasi, toilet, perbankan, kas bank, proses penerimaan PNBP, kasless tidak tuna.

“Untuk mendapatkan predikat itu syaratnya ruang layanan loket harus baik selain juga juga pencegahan pungli dan gratifikasi,” ucapnya.

Dikatakan Denni, renovasi kantor BPN Kabupaten Bekasi sudah berlangsung lama,namun baru bisa terealisasi penempatan layanan berada dibawah pada tahun 2019 ini. Hal ini tak lepas dari perbaikan masjid internal yang berada di kantor BPN Kabupaten Bekasi. Permasalahannya masjid internal ini menjadi salah satu masjid masyarakat di kawasan Lippo yang tidak tersedia.

“Jemaah disini cukup banyak. Bisa 6000 hingga 7000 orang bila solat jum’at. Semua orang larinya kesini pekerja industri,mall, bank, masyarakat di Cibatu. Sejak dulu tidak ada masjid. Seharus di fasilitasi Pemkab Bekasi,”ujar Denni.

Permasalahan kantor BPN belum bisa punya loket dibawah sejak diresmikan kantor 2003 oleh wakil Presiden Hamzah Haz lantaran memberikan ruang beribadah mesjid menampung masyarakat muslin di Lippo.

Seiring hal itu perkembangan layanan membutuhkan layanan yang baik, ruang yang baik. Maka bersama-sama masjid tokoh agama menyepakati masjid dimakmurkan berkembang dan ruang pelayanan memadai. Maka dibangun ruang loket kedepan. Ruang parkir diambil sebagian buat loket. Tetap keberadan Pertahanan terus di tingkatkan pelayanannya.

“Kedepan menggunakan mesin EDC diloket. Atau dia mau bayar uang kes dibank yang sudah disediakan. Jadi bener-benar transpearan. Kedepan bertahap di bulan ini. fasilitas layanan kantor bPN seperti kios q layanan informasi pencarian informasi berkas status berkas layanan atau mencari syarat layanan biaya. Sistem antrian akan diberlakukan survey kepuasan masyarakat (IKM) indeks kepuasan masyarakat,”ujarnya.

Ruang fasilitas bisa digunakan difabel tangga naik guiden dibawah ada pelayanan prioritas serta Pemegang hak tanpa kuasa . Waktu cepat kroya pengecekan balik nama diselesaikan 1 hari pada hari kedatang (saat ini sudah uji coba).

“Semua sudah minggu ini. Bulan kedepan sistem digital. Sistem antrian ,qios Q,pengecekan. Inovasi lain yang diterapkan inovasi berlian (berikan layanan informasi andal) untuk layanan cek flot bidang tanah dan sertifikat, untuk layanan pemetaan tematik tanpa kavling, untuk layanan pertimbangan teknis pertanahan dalam rangka izin lokasi atau perpanjangan dan perubahan hak, PTP untuk inlok,” tutupnya.

Penulis : Lilis

 

 

Tinggalkan Balasan