Bekasi, Deltanews.co.id – Menjelang Pesta Demokrasi pemilihan Gubernur Jawa Barat dan Pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak tahun 2018, jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (forkompimda) dan pimpinan organisasi kemasyarakatan melakukan silaturahmi yang dikemas dengan acara ‘coffe morning’ di ruang rapat Bupati, (30/1).

“Hal ini digelar untuk mengoptimalkan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dalam semua kegiatan yang digelar pemerintah daerah dan juga menjelang pilgub Jawa Barat dan Pilkades serentak tahun 2018,” kata wakil Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja.

Menurutnya, silaturahmi ini menjadi sebuah kekuatan bagi kita semua untuk membangun Kabupaten Bekasi. Selain itu juga untuk mengantisipasi segala perbedaan, memberi masukan dan pendapat guna kemajuan Kabupaten Bekasi.

“Saya meminta agar peran forkopimda bisa melakukan penanganan konflik sosial secara optimal serta mengambil langkah-langkah strategis terhadap permasalahan yang berkembang di masyarakata,” ucapnya.

Untuk itu, peran serta seluruh elemen masyarakat melalui tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, ormas dan LSM dapat lebih ditingkatkan.

“Melalui upaya giat teknis dini, antisipasi dini dan cegah dini serta melaksanakan koordinasi yang intensif antara pemerintah daerah dengan aparat keamanan dan instansi terkait, saya yakin akan mampu mencegah konflik di daerah,” ujarnya.

Ditempat yang sama, kepala Kesbangpol Kabupaten Bekasi, Ahmad Kosasih mengatakan kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan, bukan hanya sebatas silaturahmi,  pihaknya akan melakukan koordinasi kedepanya.

Menanggapi hal tersebut, ketua aliansi ormas Bekasi (AOB), Aji Jenal mengaku merasa senang, pasalnya hal ini baru terjadi lagi setelah lima tahun lalu, tidak sering ormas dikumpulkan untuk silaturahmi dan membahas kaitan kondusifitas menjelang pesta demokrasi serentak.

Dalam pertemuan tersebut, Forkopimda berkomitmen akan menjaga suasana kondusif dan keamanan dengan rasa saling memiliki Kabupaten Bekasi.

Penulis : Lilis

Tinggalkan Balasan