BEKASI – Peran aktif anak muda bangsa Indonesia di Kabupaten Bekasi khusunya menjadi tolok ukur keberhasilan masa depan anak muda itu sendiri.

“Tentu tidak luput dari pengawasan orangtua dalam segala tindakan yang dilakukan oleh pemuda-pemudi pada setiap langkah kesehariannya,” kata Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Sunandar kepada deltanews.co.id, di kantornya, Kamis (23/3).

Selain itu pembekalan positif baik dari orangtua maupun dari guru di sekolah pada diri pribadi anak yang kuat sehingga anak mempunyai prinsip yang tidak bisa digoyahkan oleh tindakan negatif yang merajuk pada kriminalitas.

“Banyak kegiatan di sekolah yang bersifat positif seperti PMI, pramuka, atau kegiatan ekskul lainnya yang dapat mengarahkan kepada perilaku positif, ini menjadi peran aktif serta guru sebagai pembekalan pondasi masa depan anak bangsa,” ujarnya.

Melihat data kriminalitas yang dilakukan anak-anak tergolong cukup tinggi di Indonesia, hal inilah yang menjadi konsen peran orangtua dalam lingkungan pergaulan anak muda zaman sekarang.

“Anak muda harus mampu memilih lingkungan yang arif, ‘kita bergaul dengan siapa’ yang artiya jika kita bergaul dengan pecandu narkotika yang pasti akan terbawa menjadi pemakai narkoba pula. Maka dari anak bangsa harus bisa menempatkan diri pada pergaulan positif,” katanya.

Lanjutnya, maka dari itu peran orangtua dalam pembatasan pergaulan dan jam di luar rumah sangatlah diperlukan mengingat banyak tempat hiburan tidak menutup mata buka hingga 24 jam. (LIS)

Tinggalkan Balasan