BEKASI – Korem 051 Wijayakarta melaksanakan kegiatan latihan Yongmoodo dalam rangka untuk melatih kesiapsiagaan prajurit dalam hal ketangkasan perorangan.

“Sebelum dimulai latihan diberikan berbagai pengarahan, bahwa belajar dan berlatih bela diri militer merupakan keharusan bagi seorang prajurit,” kata Kasi Ops Korem 051 Wijayakarta, Mayor Inf Kadek kepada deltanews.co.id, Selasa (20/3).

Menurutnya, salah satu bela diri militer yang telah diprogramkan (yang berlaku) di Angkatan Darat adalah Yongmoodo karena jenis bela diri tersebut dianggap yang paling sesuai dalam menghadapi berbagai jenis serangan lawan.

“Latihan Yongmoodo tersebut yang diselenggarakan oleh Staf Ops melalui anggota Jas Jorem 051 Wijayakarta Pelda Sobari,” ujarnya.

Dalam latihan olahraga beladiri resmi TNI AD tersebut, para anggota dilatih secara bertahap, bertingkat serta berkelanjutan.

“Mereka diasah kemampuan bela diri dasar dengan mengedepankan ketepatan, kekuatan, kecepatan untuk bertarung jarak dekat,” katanya.

Mayor inf Kadek menambahkan, Yongmoodo sendiri merupakan gabungan dari beladiri Judo, Taekwondo, Apkido, Sirum, dan Hon Sin Sul. Yong berarti naga yang memiliki nilai mistis dan diagungkan dengan memiliki banyak kemampuan hebat. Moo berati beladiri yang memiliki materi perkelahian, strategis, pertahanan serangan, kemampuan fisik dan mental serta psikologi.

“Sedangkan Do merupakan cara berlatih hidup dan pandangan hidup serta memiliki makna dasar hidup dan belajar dari alam,” ujarnya. (LIS)

Tinggalkan Balasan